Teori Dasar Fisika Ganasnya Ombak di Riau

Posted By on Mar 22, 2017


Pemerintahan Provinsi Riau yang sudah mengedarkan sebuah kalender wisata atau calender of event dalam menarik wisatan, baik itu domestik dan mancanegara. Dimana terdapat salah satu objek wisata yang dijadikan andalan di daerah tersebut, yang bernama Ombak Bono terletak di hilir Sungai Kampar, berada di wilayah Semenanjung Kampar.

Ketika melihat ombak yang ada di laut tersebut, yang biasanya ada di Bali dan juga tepian laut di tanah air, merupakan pemandang yang biasa saja. Namun, Ombak besar yang ada di sungai itu, merupakan fenemona alam yang luar biasa.

Pada umumnya sungai hanya memiliki gelombang kecil, akan tetapi di hilir Sungai Kampar yang berada di wilayah Semenanjung Kampar itu begitu berbeda. Yang mana Ombak yang berada di sungai tersebut bisa mencapai keinggian sekitar lima meter.

Di jaman dahulu, suku yang tinggal di tepian Semanjung Kampar, mengatakan bahwa gelombang yang disebut bono, paling ditakuti kala itu. Karena pada era nenek moyang mereka disana tidak mengetahui ilmiah lebih jelasnya.

Dan berbagai cerita yang sangat mengerikan dan bencana yang selalu di bicarakan turun menurun kepada orang-orang tertua untuk anak dan cucunya. Dimana ombak bono itu sampai kini mitosnya masih tetap bertahan, yang digambarkan merupakan tujuh hantu.

Yang dimaksud dari tujuh hantu itu adalah ombak tujuh lapis. Yang mana ombak yang di depannya sangat besar serta ombak kecil di belakangnya.

“ketika saya masih kecil, kami yang berada disini begitu takut dengan bono. Yang mana orang tua saya selalu bercerita, jika bono akan selalu ada hantu perempuan yang sedang berdiri di atasnya. Apalagi, jika bono di malam hari, akan terlihat penampakan yang aneh,” ujar pria asal Desa Teluk Meranti kepada wartawan.

teori fisika dasar

teori fisika dasar

Dibalik Kisah Nyata Bono Tujuh Hantu

Bono kini sudah berkurang, karena seiringnya perkembangan jaman yang membangun waduk Pembangkit Listrik Koto Panjang di hulu yang berjarak 300 kilometer dari semenanjung Kampat, di tahun 1997.

Sebenarnya yang terjadi di sungai itu, merupakan fenomena alam saja dari sebuah teori fisika dasar. Dimana bono itu dijelaskan, dengan adanya pertemuan arus pasang dari laut dengan air yang surut di Sungai Kampar, mempunyai karakteristik alami yang terdapat di muaranya.

Jika kita melihat di bagian ujung Sungai Kampar, akan terlihat beberapa pulau kecil, seperti Pulau Muda, Pulau Serapung dan juga yang besar Pulau Mendol yang terdapat penduduk. Perahu bisa terhempas dengan mudah, kalau tidak bisa menahan kuatnya bono, yang mana ombak besarnya dapat membalikkan sebuah perahu.

Maka dari itu, ketika jaman dulu, hantu bono nyaris ditiap tahun akan meminta korban. Ketika itu bencana besar terjadi di tanggal 13 Maret 20015. Dimana 13 orang tewas ketika kapal motor tuakal ekspers telah membawa 74 orang yang dihantam bono dengan ketinggian lima meter.

rumus fisika dasar

rumus fisika dasar

Belajar Teori Fisika Dasar di Serpong

Untuk dapat belajar seluruh teori fisika dasar dapat menggunakan Vektor yang dijadikan alat bantu dalam menganalisisnya. Dengan itu pemahaman dalam vektor yang akan kita pelajari akan menjadi penentu keberhasilan di berbagai materi fisika dasar.

Jika kalian ingin belajar fisika dengan mudah dan cepat, bisa mendaftarkan diri kalian di Jewellery, Serpong. Dimana tempat kursus fisika itu paling lengkap, yang memiliki ruang laboratorium yang luas. Maka dari itu, kalian dapat memperdalam dalam pembelajaran ilmu fisika.

Tidak perlu khawatir, dalam proses belajarnya karena di Jewellery memiliki para guru yang ahli dibidangnya dan tidak akan membuat anda merasa takut dalam belajar fisika. Dengan para pembimbing yang ada di tempat kursus itu akan menjadi menyenangkan untuk anda sendiri. Coba saja rasakan sendiri kesenangannya.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *