Meski Umur 80 Tahun Masih Gesit dan Lincah

Posted By on Apr 11, 2017


Bernanda selaku pemilik sekolah tari balet di Dance Academy pada hari Senin lalu, yang telah merayakan ulang tahunya di usia ke 80 tahun. Pria tua itu merayakan hari lahirnya bersama rekan-rekan yang telah membantunya mendirikan sekolahnya. Bahkan Bernanda yang sempat menari balet dengan Joe dan Rezki yang merupakan dua murid terbaik di sekolah.

Joe dan Rezki yang memulai gerakan lembut seperti dua angsa, begitu centil. Dalam penampilannya, mereka mengajak gurunya, Bernanda untuk menari bersama. Dimana usia yang sudah kepala delapan itu pun masih aktif di balet. Menurut bernanda yang kelahiran 13 April 1937 itu, merasa balet itu sudah jiwanya.

Ketika dia memulai belajar balet dari remaja, hingga kini masih ditekuninya. Dia pun mengatakan bahwa “balet is my life”, ujarnya. Sampai saat ini pun, meski diumurnya yang sudah tidak muda lagi, dia masih terlihat gesit dan lincah.

Dance Academy

para atlet balet yang sedang pentas

Awal Mulai Bernanda Mencintai Balet

Yang sebelumnya dia tertarik dengan balet secara tidak sengaja. Bernanda yang masih teringat ketika masa remajanya, dia bersama Rezki yang merupakan sahabatnya pernah melihat latihan balet.

“Ketika itu setelah kami selesai berenang,” ucapnya.

Pada saat itu, dia mendaftarkan diri di tempat kursus balet pertamanya yang bernama Gulf Balet School. Dimana tempat kursus itu berada di BSD, kota Tangerang Selatan, yang saat itu hanya beberapa penari balet.

Untuk dapat membayar tiap bulannya di tempat kursus balet itu, dia meminta kepada kakaknya untuk membiayainya. Ketika itu latihan pertamanya dia lakukan dengan sembunyi-sembunyi. Meski begitu, Bernanda mengikuti kegiatan balet itu dengan baik dan tekun.

Makin lama dirinya belajar balet dan gerakan-gerakan yang terdapat di balet, membuat dirinya jatuh hati untuk bisa mengembangkannya. Dan Ilmu baletnya pun terus berkembang sampai akhirnya dia menjadi seorang pengajar.

Bernanda pun, jadi teringat di salah satu pengalaman pribadinya yaitu ketika menjadi seorang pelajar. Dia yang berlatih di tempat gedung yang ketika hujan selalu bocor. Yang membuatnya pindah-pindah tempat. “Ketika itu, saya memiliki sepuluh murid,” kata balerina tersebut.

Bernanda pun yang memiliki cara khusus agar bisa terlihat sehat dan bugar, meski di usianya yang sudah tidak muda lagi. Salah satunya adalah balet. Yang menjaga menu makanan dan juga aktif dalam kegiatan.

Meski sekarang ini telah mempunyai asisten yang banyak untuk mengajar, Bernanda selalu memberikan pelatihan balet didalam kelas yang hanya sebentar saja. “Saya merasa sangat bahagia ketika mengajari anak-anak balet,” ujarnya. Beberapa gerakan pun dapat dipraktekannya.

usia 80 yang masih gesit dan lincah

usia 80 yang masih gesit dan lincah

Kisah Kyntom di Pentas Balet Slovenia

Kisah petualangan koreografi tentang seorang pria yang berosilasi antara mimpi dan kenyataan, untuk menemukan diri sendiri, adalah fitur-panjang narasi balet direktur artistik pertama dari Maribor Ballet Edwarda Cluga. “Peer Gynt sebagai karakter drama yang kompleks dari drama epik eponymous oleh Henrika Ibsena di dramawan terkemuka kota di akhir abad ke-19, sedangkan Edvard Grieg dengan halus dan halus idiomom musik Nordic nya memantapkan dirinya sebagai salah satu wakil yang paling khas dari Romantisisme” di premier pada musim gugur 2015 kata Clug.

Dalam merancang konsep dan libretto sendiri, selain laporan insidental musik Peer Gynt Grieg juga campur tangan dalam konser Grieg lain, ruang dan komposisi solo untuk mencapai pembangunan yang dinamis dan koheren narasi tari.

Desain kostum adalah karya Leo Kulas, desain produksi Marka Japlja, kerja patung dilakukan oleh Ivo Nemec dan Milena Greifoner, sebagai asisten koreografer Matjaž Marin dan Miloš Isailović.

Kinerja terkesan baik penonton dan kritik profesional menonton saat Anda berada di Ballet bergengsi Festival Tari Terbuka di St Petersburg di Rusia, Teater Nasional Kroasia di Zagreb, Teater Nasional di Brno di Republik Ceko, di Cankarjev dom di Ljubljana, Festival Prapaskah.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *