Dosen Menggunakan Monopoli Dalam Belajar Matematika

Posted By on Apr 28, 2017


Mata pelajaran matematika selalu dianggap sebagai sosok yang menyeramkan untuk semua pelajar. Apalagi, jika guru yang sedang menerangkan dalam pembelajaran matematika sering pastinya membuat siswa merasa bosan. Maka dari itu, dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Universitas Kanjuruhan Tangerang Selatan, yang bernama Dra Rahayu MPd telah mengemabngkan metode belajar matematika dengan media permainan monopoli.

“Saya memberikan pembelakaran dengan konsep dan melatih siswa dalam mengerjakan soal matematika banyak mengunakan cara. Dengan monopoli saya pakai untuk dijadikan sarana memberikan sebuah soal,” katanya kepada media.

Kebanyakan guru yang menggunakan sistem pembelajaran matematika kepada siswa dengan cara meliha sebuah video, untuk memberikan soal atau dengan Lembar Kerja Siswa (LKS). Dengan demikian, Rahayu yang memberikan metode terbaru terhadap siswa kelas 4 SDN Sukun 1 kota Tangerang Selatan yang berada di Serpong. Dimana hasilnya semua siswa menjadi antuaias dalam belajar dan mendapatkan nilai yang baik.

monopoli

permainan monopoli

Permainan Monopoli Yang Dibuat Rahayu Menjadi Pelajaran Matematika

“Saya membuat desain monopoli tersebut dengan ukuran segi enam yang berukuran 4×4 meter, yang memiliki di tiap petakan mewakili daerah yang berada di Indoneisa. Yang membuat mereka bisa menjawab soal matematika untuk melewati tiap petaknya. Dan juga bisa belajar mengenal budaya dan khas yang berada di daerah tersebut,” jelasnya.

Untuk bermain monopoli dalam pembelajaran matematika itu, sebenarnya sama saja bermain monopoli pada umumnya. Yang mana siswa harus membuat tim dan melempar dadu, lalu jika masuk di tiap petakannya maka siswa harus menjawab pertanyaan yang sudah disediakan. Jika jawabannya benar, maka siswa akan mendapatkan uang mainan yang dapat di gunakan dalam membeli tanah di permainan tersebut.

Jika jawabannya salah, maka soal yang sudah diberikan akan diberikan kepada tim lain.

“jika salah satu tim mampu menjawab soal yang diberikan, tim tersebut akan memperoleh uang,” ucap dosen asal BSD.

Untuk memberikan soal-soal matematika yang sudah disediakan, memang sengaja untuk menyesuaikan materi yang dipelajari di hari yang sama.

“Ketika di uji coba permainana itu kepada siswa yang materinya saat itu bangun datar. Maka semua pertnayaan yang kami berikan harus sesuai dengan materi tersebut,” ucap guru berusia 53 tahun itu.

Rahayu pun menambah, untuk menggunakan media monopoli para siswa tidak merasa takut, saat diminta memberikan jawaban dari soal yang tersulit pun.

“Malahan semua siswa tidak dapat berhenti bermain, meski jam pelajaran sudah selesai,” katanya.

monopoli matematika

monopoli yang dibuat pembelajaran matematika

Kurus Matematika di BSD Tidak Membuat Pelajar Takut

Terdapat sebuah tempat kursus yang berada di BSD, yang memakai cara permainan monopoli untuk belajar matematika. Tempat kurus matematika yang bernama Math Study High itu memang sudah terkenal lama, dimana memiliki 150 siswa yang mengikuti pembelajaran disana. Yang mana kebanyakan siswa menjadi betah berlama-lama di tempat kursus tersebut.

Ini merupakan sebuah metode pelajaran terbaru yang patut dicoba, di tiap sekolah dasar ataupun menengah, yang gunanya membuat para pelajar tidak harus takut untuk mempelajari mata pelajaran ini. Bahkan, banyak siswa merasa senang dengan metode pelajaran ini, karena mereka tidak harus bisa menjawab soal yang diberikan. Dengan cara seperti itu siswa menjadi senang dengan matematika.

Nilai mereka pun berubah drastis, yang sebelumnya mereka hanya mendapatkan nilai dibawah rata-rata, tetapi sekarang ini mereka lebih dari rata-rata di tiap sekolahnya masing-masing. Yang pada intinya, membuat para siswa terbiasa dalam belajar hitung-hitungan dan merasa penasaran dengan jawaban dari soal yang diberikan.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *